SMAN 1 Glagah Meraih Juara di Ajang Film Pendek Banyuwangi 2021

0
62

     Kabupaten Banyuwangi telah menggelar apresiasi film pendek yang dilaksanakan pada, Rabu malam (31/3/2021). Acara ini merupakan ajang untuk memperingati hari film nasional yang jatuh setiap tanggal 30 Maret. Teater Melati SMAN 1 Glagah telah ikut berpartisipasi dalam festival film pendek ini. Tujuan diadakan festival ini untuk mengapresiasi karya film pendek dan mendorong para pemuda untuk mengasah kemampuan dalam produksi film pendek serta memberi penghargaan untuk para perintis film pendek di Kota Banyuwangi. Apresiasi film pendek ini digelar satu hari penuh mulai pukul 08.00 WIB hingga berakhir sekitar pukul 21.00 WIB di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. Peserta festival film ini bukan hanya dari kalangan pelajar saja akan tetapi hingga kalangan dewasa boleh ikut serta dalam acara festival ini. Di acara festival film ini dipilih 17 crew atau team terbaik di Banyuwangi. Di dalam acara tersebut juga diadakan diklat dan pelatihan langsung dari sutradara film Yowis Ben 3.

     Acara tersebut diawali dengan santunan anak yatim oleh Bupati Banyuwangi, Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd. kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Dinas Pariwisata. Setelah sambutan dari ketua Dinas Pariwisata dilanjutkan oleh sambutan Bupati Banyuwangi. Festival ini disambut hangat oleh generasi muda Banyuwangi. Banyak dari mereka yang tertarik melihat acara ini secara langsung.

     Dari penayangan 17 film pendek terbaik Banyuwangi, salah satu diantara film tersebut merupakan karya dari Teater Melati SMAN 1 Glagah yang berjudul “Repetisi” dan “Seberang” Bupati Banyuwangi melihat bersama penayangan dari film yang ditampilkan yaitu film dengan judul “Repetisi” Di dalam film tersebut berkisah tentang seseorang yang terjebak dalam lingkaran waktu dan mengulangi hari serta kejadian yang sama. Ia berusaha keluar dari lingkaran waktu dan menghentikan penyebabnya bagaimanapun caranya.

   Acara tersebut dilanjutkan dengan pemberian penghargaan berupa piagam, uang pembinaan, bingkisan oleh Bupati Banyuwangi kepada pemilik 3 film pendek dan salah satunya merupakan film pendek “Repetisi” dari Teater Melati SMAN 1 Glagah. Perwakilan yang menerima apresiasi yaitu Akmal Rahman Hanif dari kelas XII IPA 3.

            Vinka Annisa Q. Jurnalistik Sketsa