Siswa SMAN 1 Glagah Sabet Juara dalam Lomba Karya Tulis Peringatan HUT TNI Ke-78 dengan Tema Budaya Kearifan Lokal

Penulis: Mohammad Syahid Satria, S.Pd (Guru Sejarah)

Banyuwangi – Siswa SMAN 1 Glagah, Shopi Anggraeni Rahmaningtyas (XI IPA 5), berhasil meraih gelar juara 2 dalam kompetisi Karya Tulis bertemakan “BUDAYA KEARIFAN LOKAL“, yang diselenggarakan dalam rangka perayaan HUT TNI Ke-78 tahun 2023 oleh Kodim 0825/Banyuwangi. Kompetisi ini melibatkan dua kategori utama, yakni Karya Tulis dan Fotografi, dengan peserta dari berbagai lapisan masyarakat.

Shopi, panggilan akrabnya, mengirimkan karya tulis berjudul “KAJIAN KEBUDAYAAN LELUHUR ADAT-ISTIADAT TUMPENG SONGO DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DUSUN ANDONG BANYUWANGI.” Karya tulis ini tidak hanya menggali kekayaan budaya lokal, tetapi juga mendokumentasikan tradisi adat-istiadat Tumpeng Songo yang menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Dusun Andong Banyuwangi.

Dalam proses penyusunan karya tulisnya, Shopi didampingi oleh Ibu Devia Dwi Riki Wardani, S.Pd, Guru Bahasa Indonesia yang juga merupakan Pembina Ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

Prestasi Shopi diraih, setelah karyanya dinilai oleh tim Dewan Juri yang terdiri dari Wageyono, S.Pd, M.Hum (Dosen Fakultas Bahasa dan Seni UNIBA Banyuwangi), Bapak Adhen (Jurnalis), dan Bapak Momo (Anggota Dewan Kesenian Blambangan). Penilaian dan penjurian berlangsung pada 27 September-2 Oktober 2023, di Aula Makodim 0825, dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Lebih lanjut, penyerahan piala, tropi, dan uang pembinaan kepada para pemenang telah berlangsung pada tanggal 5 Oktober 2023. Karya Tulis Shopi merupakan bukti semangat generasi muda dalam melestarikan dan mempromosikan budaya lokal yang kaya dan berharga.***

Bagikan :

Kabar Sekolah Lainnya