SASTRA MELATI 2020 SMAN 1 GLAGAH

0
29

Banyuwangi, 26 Januari 2020. Teater Melati SMAN 1 Glagah Banyuwangi mengadakan Lomba Deklamasi Puisi tingkat SMP/MTs se-Banyuwangi. Deklamasi puisi sendiri merupakan pembacaan puisi tanpa teks, dalam hal ini peserta harus menghafal dan menghayati teks yang telah ditentukan. Selain lomba deklamasi tersebut, Teater Melati juga mengadakan acara Diskusi Sastra yang dibawakan oleh Sastrawan Abdullah Fauzi. Diskusi ini mengakaji tentang kelestarian budaya lokal Banyuwangi. Selain diisi oleh Teater melati sendiri, acara ini juga dimeriahkan oeh Teater Kusuma, Teater Obsesi, Gita Widya Swara, Ganesha Crew, dan masih banyak lagi.

Acara ini sendiri merupakan kegiatan tahunan Teater Melati dan tahun ini merupakan tahun kedua  Sastra Melati diadakan. Tema tahun ini adalah budaya lokal. Acara ini digelar sebagai ajang untuk mengembangkan bakat dan minat dalam sastra serta mengenalkan deklamasi puisi secara meluas. Para panitia mengangkat puisi-puisi yang diciptakan oleh sastrawan Banyuwangi sebagai bentuk dari apresiasi budaya lokal.

Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB. Kegiatan lomba dimulai dengan registrasi peserta dan daftar ulang sampai dengan pukul 07.30 WIB. Setelah registrasi, peserta diarahkan oleh panitia untuk menuju ke aula, tempat lomba dilangsungkan. Sebelum lomba puisi dimulai, ada sambutan dari ketua pelaksana yaitu Fausta Ezra Firjatullah. Kemudian sambutan dari pembiana Teater Melati yaitu  Ibu Siti Rochmatin Nazillah, S.Pd dan dilanjutkan sambutan Kepala Sekolah  SMAN 1 Glagah yaitu Bapak Drs. H. Mujiono, M.Pd. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pembacaan teknis lomba. Selain itu, panitia mengenalkan para juri yang akan menilai penampilan peserta dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ada.

Para juri merupakan penulis dari beberapa puisi yang menjadi bahan lomba. Para juri tersebut adalah sastrawan lokal asli Banyuwangi. Peserta yang sudah maupun belum tampil, dapat menikmati acara hiburan oleh di gazebo. Selain penampilan dari para anggota Teater Melati, ada juga penampilan dari siswa siswi SMAN 1 Glagah dan dari peserta yang mau menunjukkan bakat menyanyinya. Acara lomba berlangsung hingga pukul 15.000 WIB.

Selanjutnya, setelah lomba berakhir dilanjutkan acara Diskusi Sastra dengan narasumber Abdullah Fauzi. Diskusi ini nantinya akan mengkaji tentang cara para generasi muda dalam melestarikan budaya melalui satra lokal, khususnya Banyuwangi. Acara diakhiri pada pukul 16.00 dan ditutup oleh pengumuman dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba Deklamasi Puisi. Juara pertama berhasil diraih oleh Ulfatu Fiki dari SMP 1 Muncar. Juara 2 oleh Luzena Gater dari SMP 17 Agustus 1945 Muncar. Juara tiga oleh Diana Maulia dari SMPN 1 Muncar. Juara harapan 1 oleh Syaiful Hisyam dari MTSn 10 Banyuwangi. Juara harapan 2 oleh Eunika Melaniwaluyo dari SMPN 1 Glagah.

rbt