SMAN 1 Glagah Wakili SMA/SMK Banyuwangi Jadi Titik Pantau Penilaian Adipura

0
323
Siswa SMAN 1 Glagah sedang memilah sampah berdasarkan jenisnya. (Satria)

Penulis: Mohammad Syahid Satria, S.Pd (Guru Sejarah Indonesia)

Banyuwangi – SMAN 1 Glagah menggelar kegiatan Jumat Bersih yang melibatkan seluruh siswa, guru, dan tenaga administrasi sekolah pada Jumat (02/02). Kegiatan ini diadakan dalam rangka mendukung penilaian Adipura yang akan berlangsung pada 5-6-7 Februari 2024. SMAN 1 Glagah menjadi titik pantau penilaian Adipura dan mewakili SMA/SMK se-Kabupaten Banyuwangi.

Perlu diketahui, penilaian Adipura merupakan sebuah program dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), untuk mengajak masyarakat membangun rasa peduli lingkungan, mengelola sampah organik dan non-organik, menggunakan energi secara bijak, serta menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

KLH nantinya akan melibatkan tim khusus untuk mengevaluasi kebersihan dan kepedulian lingkungan di berbagai institusi, termasuk sekolah-sekolah. Elvry Mayluxsi Haviva, S.S, M.Pd, sebagai ketua Tim Pokja Lingkungan SMAN 1 Glagah, mengungkapkan bahwa sekolah tersebut telah meraih predikat Adiwiyata Mandiri pada tahun 2023.

“Predikat tersebut mengharuskan warga SMAN 1 Glagah konsisten dalam menjaga, mulai dari penggunaan energi, penanganan sampah dan peningkatan karakter peduli lingkungan. Hal ini demi untuk pelestarian lingkungan di masa sekarang dan masa mendatang,” tutur Elvry.

Sementara itu Kepala Sekolah, Abdullah, S.Pd, M.T mengatakan bahwa bahwa kebersihan kelas berserta lingkungannya dilakukan sesuai jadwal piket. Kader Lingkungan yang bertajuk Garda Wiyata yang terdiri dari siswa yang didampingi oleh guru sebagai penggerak pengelolaan sampah sekolah.

“Kegiatan pembersihan bukan hanya sekadar momen, tapi telah menjadi tradisi. Setiap Jumat pagi, tenaga administrasi sekolah dan Tim Pokja Adiwiyata yang tidak bertugas di kelas turut serta dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan,” ungkap Abdullah.

Bapak Abdullah juga menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk menjadi sekolah yang tidak hanya unggul dalam pendidikan, tetapi juga menjadi teladan dalam kepedulian lingkungan.

“Kami berharap, partisipasi aktif seluruh warga sekolah dalam kegiatan lingkungan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam penilaian Adipura dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar,” pungkasnya.***