SMAN 1 Glagah Terima Kunjungan Tenaga Ahli Persampahan dari PBB untuk Sosialisasi Manajemen Sampah

0
236
Siswa-siswi SMAN 1 Glagah, guru dan tenaga ahli persampahan PBB, Mrs Zoë Lenkiewicz

Penulis: Mohammad Syahid Satria, S.Pd (Guru Sejarah Indonesia)

Banyuwangi – SMAN 1 Glagah kedatangan tamu istimewa, seorang tenaga ahli persampahan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) London pada Kamis (25/01). Acara sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep manajemen sampah yang efektif kepada siswa-siswi SMAN 1 Glagah.

Kehadiran tamu dari PBB ini menjadi momen penting bagi sekolah, terutama bagi para siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler Ganesha English Club (GEC), Karya Ilmiah Remaja (KIR), dan Garda Adiwiyata. Mrs Zoë Lenkiewicz, sebagai pemateri utama, memberikan wawasan tentang manajemen sampah yang berkelanjutan dan peran penting masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Acara ini digelar di Aula SMAN 1 Glagah, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Ustadz M. Haris Setyawan, S.PdI. Bapak Abdullah, S.Pd, M.T, selaku Kepala Sekolah, memberikan sambutan untuk menyambut kedatangan tamu istimewa.

Kepala SMAN 1 Glagah, Abdullah, S.Pd.,M.T

“Kita menyadari betapa pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengelola sampah dengan bijak. Kehadiran Mrs Zoë Lenkiewicz sebagai pemateri memberikan kita kesempatan untuk memahami lebih dalam konsep manajemen sampah yang efektif,” kata Bapak Abdullah.

Bapak Abdullah juga menekankan pentingnya sosialisasi ini dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap manajemen sampah di sekolah.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para siswa-siswi tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga merasa terdorong untuk berperan aktif dalam upaya mengurangi penggunaan sampah plastik dan memahami peran masyarakat dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Tenaga ahli persampahan PBB, Mrs Zoë Lenkiewicz

Selain mendengarkan pemateri, para siswa-siswi aktif mengajukan berbagai pertanyaan seputar manajemen sampah dan peran masyarakat dalam pengelolaannya. Hal ini menciptakan suasana interaktif yang memungkinkan siswa-siswi untuk lebih memahami isu-isu terkait sampah dan lingkungan.

Bapak Moh. Idris, M.Pd, dalam harapannya, mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi seluruh siswa-siswi SMAN 1 Glagah untuk lebih peduli terhadap sampah di sekitar mereka. Ia berharap agar ke depannya, siswa-siswi dapat berperan aktif dalam mengurangi penggunaan sampah plastik dan menjadi lebih bijak dalam mengelola sampah.

Lebih lanjut, materi yang disampaikan oleh Mrs Zoë Lenkiewicz meliputi manajemen sampah yang efektif, peran masyarakat dalam pengelolaan sampah, dan sistem pengelolaan sampah. Semua ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi siswa-siswi untuk turut serta dalam menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan di sekitar mereka.***