SMAN 1 Glagah Sukses Gelar Bazar “Digital Entrepreneur Kuliner Nusantara” sebagai Selebrasi dan Gelar Karya P5

0
658
Kepala SMAN 1 Glagah, Abdullah, S.Pd.,M.T di acara gelar karya P5 (Foto: Tim Media)

Penulis: Mohammad Syahid Satria, S.Pd (Guru Sejarah)

Banyuwangi – SMAN 1 Glagah kembali mengadakan bazar sebagai puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema “Digital Entrepreneur Kuliner Nusantara”, sekaligus selebrasi pembagian hadiah classmeeting atau Ganesha Sports Week (GSW), pada Kamis (21/12/2023). Acara ini diikuti oleh seluruh warga sekolah dan wali murid karena bertepatan dengan penyerahan Penilaian Hasil Belajar (Rapor) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Bapak Abdullah, S.Pd, M.T diiringi dengan hadrah dan dilanjutkan pemotongan pita sebagai tanda dibukanya puncak bazar P5. Dalam sambutannya, Bapak Abdullah menyampaikan, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi serta wawasan baru bagi siswa-siswi SMAN 1 Glagah dalam menghadapi tantangan di era digital.

“Dengan diadakannya acara gelar karya P5 kewirausahaan bertema digital entrepreneur, kita ingin mempersiapkan generasi milenial Z di SMAN 1 Glagah menjadi pengusaha baru. Kegiatan ini juga menjadi penutup dari kegiatan sekolah menjelang libur semester ganjil,” ujarnya.

Tak hanya itu, Bapak Abdullah juga menyampaikan, saat ini kita tidak bisa menutup mata terhadap perubahan zaman, terutama dengan kehadiran generasi Z yang begitu akrab dengan teknologi digital.

“Kewirausahaan tidak hanya tentang menciptakan peluang usaha, tetapi juga bagaimana mengimplementasikan teknologi digital dalam setiap langkahnya. Generasi milenial Z harus siap menjadi bagian dari revolusi digital di dunia kewirausahaan,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi stand bazar dari setiap kelas yang didampingi oleh Putra-Putri Pelajar SMA Negeri 1 Glagah. Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Bapak Abd. Wafa, S.Pd. I. Bapak Drs. H. Mujiono M.Pd selaku Wakil Ketua Komite juga turut memberikan sambutan. Berikutnya yaitu penampilan tari gandrung dari Sanggar Tari Melati Wangi. Penampilan hadrah, penampilan teater, dan juga akustik.

Dilanjut dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang GSW cabang lomba basket 3×3 putra dan putri, voli, estafet, comic strip, best supporter, dan most valuable class. Bazar kali ini juga memiliki beberapa juara dengan penilaian stand bazar yang paling meriah dan menu makanan paling menarik.

Sementara itu, Ibu Atik Supriatiningsih, S.Pd selaku Ketua Pelaksana dan Ketua P5 di SMAN 1 Glagah mengungkapkan alasan mengapa mengambil tema “Digital Enterpeneur Kuliner Nusantara”.

“Pemilihan tema ‘Digital Entrepreneur Kuliner Nusantara’ tidak hanya sekadar tren, melainkan sebagai tanggapan terhadap zaman yang semakin digital ini. Generasi Z, yang merupakan mayoritas di kalangan siswa, memiliki kecenderungan yang tinggi terhadap teknologi. Oleh karena itu, kami ingin mengajak mereka untuk mengembangkan jiwa wirausaha di bidang kuliner dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital,” ujar Ibu Atik.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga dapat menjadi pijakan bagi siswa-siswi SMAN 1 Glagah untuk terus mengasah kemampuan wirausaha mereka. Sebagai Ketua Pelaksana, Ibu Atik juga mengapresiasi kerjasama dan partisipasi seluruh pihak dalam kesuksesan acara tersebut.

“Ini adalah hasil dari kerja keras semua pihak, termasuk para siswa, guru, tenaga administrasi sekolah dan komite sekolah. Semua berkolaborasi dengan baik untuk menciptakan acara yang bermanfaat dan inspiratif bagi siswa,” pungkasnya.***