SMAN 1 Glagah Gelar Upacara Peringatan HARDIKNAS 2024 dengan Tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”

0
96
Upacara memperingati HARDIKNAS 2024

Penulis: Mohammad Syahid Satria, S.Pd

Banyuwangi – SMAN 1 Glagah menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) dengan tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” di Lapangan Tengah Sekolah, pada Kamis (02/05). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa, guru dan karyawan tenaga administrasi sekolah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak Suhariyanto, S.Pd., selaku pembina upacara HARDIKNAS 2024 menyampaikan makna penting pendidikan dalam pembangunan bangsa.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak Suhariyanto, S.Pd.

Selain itu, beliau juga menuturkan bahwa peringatan HARDIKNAS bertepatan dengan hari lahirnya bapak pendidikan Indonesia, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara, yang penetapannya telah tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959.

Selanjutnya, Guru Fisika yang akrab di sapa Bapak Hari ini juga membacakan naskah teks pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim, yang memiliki pesan untuk terus mendorong semangat “Merdeka Belajar” menjadi pijakan bagi semua agen perubahan di bidang pendidikan.

Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Tim Paskibra SMAN 1 Glagah

Meskipun hujan sempat turun tidak menyurutkan semangat para peserta upacara. Suasana khidmat terjaga, bahkan semakin terasa saat lagu nasional dinyanyikan oleh tim paduan suara “Gita Widya Swara”.

Sebagai penutup, Ustadz Moch. Haris Setyawan, S.Ag mengakhiri kegiatan dengan doa, memohon keberkahan untuk kemajuan pendidikan di tanah air.

Secara terpisah, Kepala SMAN 1 Glagah, Abdullah, S.Pd., M.T, juga turut menyampaikan harapannya bahwa momen HARDIKNAS ini dapat memotivasi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Pihaknya menekankan pentingnya memberikan pendidikan yang berkualitas kepada generasi penerus sebagai landasan untuk kemajuan bangsa.***