SMAN 1 Glagah Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

PENULIS: TIM JURNALISTIK SMAN 1 GLAGAH

Banyuwangi – Pada hari Minggu (01/10), SMAN 1 Glagah menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlokasi di lapangan upacara SMAN 1 Glagah. Upacara yang dimulai pada pukul 06.30 WIB hingga 07.30 WIB berlangsung secara khidmat dan turut dihadiri oleh siswa, guru dan staf tata usaha.

Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh Presiden Soeharto setelah peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI pada 1965. Dengan dilaksanakannya upacara Hari Kesaktian Pancasila ini, bertujuan sebagai penghormatan terhadap pahlawan bangsa yang telah gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Dalam pelaksanaannya, Kepala SMAN 1 Glagah Bapak Abdullah, S.Pd., M.T. bertindak sebagai pembina upacara. Adapun yang membedakan upacara kali ini dengan upacara pada umumnya, ialah pembacaan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh pembina upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Tak hanya itu, iringan lagu Garuda Pancasila dan Gugur Bunga menghiasi suasana pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

“Sebagai generasi penerus bangsa, ideologi Pancasila tidak hanya diucapkan, tetapi juga harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah makna yang dapat kita teladani,” ujar Bapak Abdullah dalam wawancara mengenai makna Hari Kesaktian Pancasila.

Bagikan :

Kabar Sekolah Lainnya