Siswa SMAN 1 Glagah Raih Juara 2 dalam Olimpiade Sejarah Nasional Sarasvati 2023 UNAIR Surabaya

Penulis: Mohammad Syahid Satria, S.Pd (Guru Sejarah)

Banyuwangi – Siswa SMAN 1 Glagah, Nakeisha Alfara Nugraha kelas XII IPA 6, berhasil meraih juara dalam “Olimpiade Sejarah Nasional Sarasvati 2023.” Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Ilmu Sejarah Universitas Airlangga (UNAIR) dan diikuti oleh siswa-siswi SMA sederajat dari seluruh Indonesia.

Prestasi ini diraih Nakeisha, setelah melewati sejumlah tahap kompetisi yang ketat. Seluruh rangkaian kompetisi dimulai pada 07 Oktober 2023, dengan babak penyisihan yang dilakukan secara daring. Dalam babak ini, Nakeisha berhasil bersaing dan lolos ke babak semifinal bersama dengan sembilan peserta lainnya yang meraih nilai tertinggi.

Babak semifinal sendiri berlangsung secara offline dan diadakan di Fakultas Ilmu Budaya UNAIR pada 04 November 2023. Dalam babak ini, setiap peserta dihadapkan pada 75 soal pilihan ganda dengan batasan waktu 120 menit. Dari babak semifinal, lima peserta dengan nilai tertinggi kemudian melanjutkan ke babak final.

Babak final Olimpiade Sejarah Nasional Sarasvati 2023 UNAIR

Babak final, yang juga diadakan pada tanggal dan tempat yang sama, menjadi ujian terberat bagi para finalis. Mereka dihadapkan pada beragam soal yang disusun dalam tiga tahap berbeda, yaitu soal lemparan, soal rebutan, dan soal analisis yang menguji pengetahuan sejarah para peserta secara mendalam. Peserta harus menjawab dengan cepat dan tepat di bawah pengawasan ketat dewan juri.

Setelah melewati semua ujian dan tantangan, Nakeisha akhirnya berhasil meraih gelar juara kedua dalam Olimpiade Sejarah Nasional Sarasvati 2023. Kepala SMAN 1 Glagah, Abdullah S.Pd, M.T, turut mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh Nakeisha.

“Kami sangat bangga dan bahagia atas prestasi yang telah diraih oleh Nakeisha Alfara Nugraha, salah satu siswa kami, dalam Olimpiade Sejarah Nasional Sarasvati 2023. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi siswa lainnya,” ujarnya.

Bapak Abdullah juga mengucapkan terima kasih kepada Tim MGMPS Sejarah yang telah mendampingi Nakeisha sejak awal perlombaan hingga akhirnya membawa pulang gelar juara.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Tim MGMPS Sejarah yang telah memberikan dukungan dan bimbingan kepada Nakeisha sepanjang perjalanan kompetisi ini. Semangat kolaborasi dan kerja sama tim menjadi faktor yang penting dalam meraih prestasi,” ucapnya.***

Bagikan :

Kabar Sekolah Lainnya