Siswa SMAN 1 Glagah Raih Juara 1 Olimpiade Teknik Kimia 2023 Nasional di Universitas Jember

Penulis: Mohammad Syahid Satria (Guru Sejarah Indonesia)

SMAN 1 Glagah, Banyuwangi – Prestasi gemilang kembali diraih oleh salah satu siswa dari SMAN 1 Glagah dalam ajang Olimpiade Teknik Kimia (OLTEKKIM) 2023 tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Jember. Khaylila Naura Brilliant, siswa kelas XII IPA 1, berhasil memenangkan juara 1 dalam kompetisi tersebut, menempatkan dirinya di puncak podium dan mengalahkan peserta dari berbagai sekolah lainnya.

Sebelum mencapai gelar juara, Lila, sapaan akrab Khaylila Naura Brilliant, melalui berbagai tahapan kompetisi, termasuk babak penyisihan, semifinal, dan akhirnya mencapai babak final bersama dengan enam peserta terbaik lainnya. Hasil perolehan juara OLTEKKIM 2023 adalah sebagai berikut:

Juara 1: Khaylila Naura Brilliant (SMAN 1 Glagah)
Juara 2: Muhammad Hilmi Ramadhan Effendi (SMAN 1 Karawang)
Juara 3: Farisha Isnaya Huda (MAN 1 Blitar)
Harapan 1: Moh. Yahya Alfarisi (SMAN 1 Jember)
Harapan 2: Andini Wahyu Ariyanti (SMAN 1 Taman)
Harapan 3: Anandhita Nazwah Bilqis Angelica (SMAN 1 Lamongan)

Kepala SMAN 1 Glagah, Abdullah, S.Pd., M.T., mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh Lila. “Kami sangat bangga dengan pencapaian siswi kami yang bernama Khaylila Naura Brilliant dalam OLTEKKIM 2023. Terus belajar dan jangan pernah puas serta tetap semangat meraih prestasi,” ungkapnya.

Abdullah juga mengucapkan terima kasih kepada para pembina dan guru kimia yang telah membimbing Lila dari awal hingga akhir kompetisi.”Terima kasih kepada para pembina yang telah membimbing proses Lila, bapak dan ibu guru telah berperan penting dalam pencapaian ini,” tambah Abdullah.

OLTEKKIM 2023 adalah kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, dan kreativitas siswa SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia dalam bidang teknik kimia. Melalui kompetisi ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan akademik mereka serta mengejar bakat dan minat dalam ilmu kimia.

Kompetisi ini diikuti oleh peserta dari seluruh SMA/SMK/MA sederajat di Indonesia dan terdiri dari tiga sesi, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final, yang diselenggarakan secara online. Pendaftaran peserta dibuka dalam dua gelombang, dengan gelombang pertama berlangsung dari 12 Juni hingga 15 Juli 2023, dan gelombang kedua dari 17 Juli hingga 20 Agustus 2023. Babak penyisihan dan semifinal dilaksanakan pada 2-3 September 2023 dan 9-10 September 2023, juga dengan menggunakan sistem online. Akhirnya, babak final digelar pada 17 September 2023, tetap mengikuti format online.

Selamat kepada Khaylila Naura Brilliant dan semua pemenang serta peserta OLTEKKIM 2023. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengejar prestasi yang lebih tinggi di masa depan.

Bagikan :

Kabar Sekolah Lainnya