Sinergi Dengan Kepolisian, SMAN 1 Glagah Bentuk Tim Patroli Keamanan Sekolah

0
608

Penulis: Mohammad Syahid Satria (Guru Sejarah Indonesia)

SMAN 1 Glagah, Banyuwangi – SMAN 1 Glagah telah membentuk Tim Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang bertugas di setiap pagi di depan pintu gerbang sekolah. Tim ini bertujuan untuk membantu kelancaran lalu lintas di sekitar sekolah serta menjaga keselamatan siswa-siswa yang menyebrang jalan. Tim Patroli Keamanan Sekolah ini terdiri dari para Alumni paskibra 2023 yang saat ini berada di jenjang kelas X dan XI. Penanggung jawab tim ini adalah Irawan Setijono, S. Kom, yang juga merupakan pembina paskibra SMAN 1 Glagah.

Selain itu, Tim PKS juga menjalin kerja sama dengan Kepolisian Polsek Glagah, Joko Riyanto yang menjabat sebagai anggota Binmas Polsek Glagah. Keberadaan polisi dalam tim ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tugas dan tanggung jawab dalam menjaga ketertiban dan keselamatan lingkungan sekolah. Selama bertugas, para siswa akan didampingi oleh anggota kepolisian dan guru pembina. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tugas mereka serta memberikan pengalaman berharga kepada para siswa.

Anang Basarodin, S. Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, menjelaskan bahwa pembentukan Tim Patroli Keamanan Sekolah ini memiliki tujuan ganda. Pertama, melatih mental siswa agar dapat menghadapi segala situasi dengan penuh tanggung jawab. Kedua, meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menjalankan tugas mereka sebagai anggota tim patroli.

“Kita terus berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendidik siswa-siswa untuk menjadi individu yang bertanggung jawab salah satunya dengan membentuk Tim Patroli Keamanan Sekolah,” ujarnya, Rabu (20 September 2023). “Setiap pagi para siswa dari Tim PKS selalu datang terlebih dahulu, untuk membantu pihak kepolisian dalam mengatur jalannya lalu lintas di area sekolah. Mereka juga membantu para siswa yang lainnya untuk menyebrang jalan,” sambungnya.

Menurut Anang, kegiatan seperti ini bukan hanya membantu siswa berkembang secara kognitif, tetapi juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi serta memupuk rasa kepedulian mereka terhadap keselamatan orang lain. “Kehadiran Tim PKS ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi keselamatan siswa dan kedisiplinan mereka di sekolah,” ungkapnya. “Tim ini tidak hanya menjadi pengawal keamanan, tetapi juga menjadi contoh bagi siswa dalam menjaga ketertiban dan keselamatan lingkungan sekolah,” pungkasnya.