Peringati Hari Pahlawan, SMAN 1 Glagah Luncurkan Sketsa News

0
16

SMAN 1 Glagah, Banyuwangi (10/11) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan yang ke 62. Dalam upacara kali ini ada yang spesial yakni bersamaan launching Sketsa News.

Media ini sebagai transformasi dari bentuk cetak ke bentuk digital. sebelumnya, sketsa, kependekan dari sarana kreatifitas siswa dipublikasikan dalam bentuk majalah cetak. Kemudian berita-berita sketsa juga dipublikasikan melalui web sekolah yang bisa diakses di www.sman1glagah.sch.id. Mulai tahun ini sketsa tampil tidak hanya dalam bentuk cetak, berita web  tetapi juga video. Transformasi ini untuk memenuhi kebutuhan akan informasi yang aktual seputar sekolah dan lingkungan sekitar. Disamping mempertimbangkan kemampuan dan jenis literasi yang dikuasai masing-masing orang variatif.

“…. Pagi ini, pada 10 November 2021 dalam Peringatan Hari Pahlawan yang ke-62, saya mewakili seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Glagah secara resmi meresmikan Sketsa News….” Suara pembina upacara, Dra. Endang Minarni, M.Pd. Kons di podium lapangan upara sekolah.

“Melalui Sketsa yang menyajikan informasi, edukasi, entertainment digital sebagai upaya membangkitkan sketsa. Sketsa ini juga sebagai ajang atau sarana kreatifitas siswa. Siswa tidak hanya aktif dalam kelas tetapi juga memiliki life skill (kecakapan hidup) yang bisa diasah melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik.” ujar kepala SMAN 1 Glagah, Drs. H. Mujiono, M.Pd.

“Sketsa ini sangat erat kaitannya dengan kegiatan pers di SMA Negeri 1 glagah. Sketsa kependekan dari Sarana Kreatifitas Siswa. Sketsa yang dulunya hanya dalam bentuk majalah ditransformasikan ke dalam bentuk digital sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pengguna”   jelas Riedo Wahyu, S.Pd selaku salah satu pembina sketsa.

“Kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh bapak ibu guru maupun siswa yang ingin melakukan kegiatan terkait dengan kemajuan kegiatan ini. Bentuk dukungan kami dari  di sisi administrasi. Kami siap melayani warga sekolah untuk urusan persuratan seperti  memberikan surat tugas kepada guru maupun siswa yang ingin melakukan kegiatan di luar. Karena surat tugas sangat penting sebagai pemberitahuan atau izin untuk kepentingan diluar. Contoh lain pemrosesan surat dispensasi untuk siswa yang akan mengikuti kegiatan di luar sekolah saat jam pelajaran. Dari sisi pengelolaan lingkungan, TAS ikut bertanggung jawab atas kebersihan dan keindahan lingkungan” ujar Hj. Anik Pudjiastuti, S.Pd selaku Kepala Tenaga  Administrasi Sekolah.

“Semoga Sketsa News dapat menjadi media untuk mengapresiasi juga mendokumentasikan kegiatan-kegiatan di SMAN 1 Glagah supaya kita juga bisa mengajak teman-teman lainnya untuk melahirkan prestasi-prestasi baru. Mungkin harapan dari teman-teman lainnya semoga kita bisa saling bahu-membahu dalam sketsa news ini supaya sketsa news ini dapat menjadi sarana atau media publikasi yang menginformasikan berita-berita dari dalam sekolah maupun luar sekolah “ demikian kata Ketua OSIS, Unzila Nisa XI IPA 3 menutup wawancara kami.