Peringatan Hari Sumpah Pemuda

0
15

     Banyuwangi (28/10) – SMA Negeri 1 Glagah mengadakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021 dan pelantikan OSIS periode 2021-2022. Upacara Sumpah Pemuda diadakan pukul 07.00 WIB di lapangan upacara SMA Negeri 1 Glagah yang dihadiri oleh warga SMA Negeri 1 Glagah seperti siswa kelas X dan XI, jajaran dewan guru, dan staf karyawan SMA Negeri 1 Glagah. Peringatan Sumpah Pemuda bertujuan untuk membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

    Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ini diawali dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda yang diikuti seluruh peserta upacara. Dilanjutkan pemberian amanat oleh pembina upacara, Elvry Mayluxsi Haviva, SS. M.Pd. dengan tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh. Dalam sambutannya juga menyampaikan tentang Kongres Pemuda II yang dilaksanakan dua hari, tanggal 27 – 28 Oktober 1928.

     “Kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berlainan dan dibagi dalam tiga kali rapat. Rapat pertama Sabtu, 27 Oktober 1928, yang diselenggarakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) atau Waterlooplein yang sekarang menjadi Lapangan Banteng. Rapat kedua Minggu, 28 Oktober 1928, kongres diselenggarakan di Gedung Oost-Java Bioscoop, Koningsplein Noord yang sekarang menjadi Jalan Medan Merdeka Utara. Pada rapat penutupan dilaksanakan di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106 yang kini menjadi museum saksi lahirnya Sumpah Pemuda. Pada rapat ketiga ini berhasil membentuk Sumpah Pemuda sebagai cita-cita untuk bersatu sebelum adanya Proklamasi Kemerdekaan.”

    Selanjutnya pembina upacara menyampaikan hubungan antara peristiwa Sumpah Pemuda dengan lahirnya bahasa pemersatu, Bahasa Indonesia. “Bahasa Indonesia bertujuan menyatukan dan menjadi penghubung antar suku bangsa, sesuai konteks. Mari bersama-sama memasuki era 5.0, di era ini mengajak kita untuk membuat solusi berdasarkan inovasi yang sudah didapat di era 4.0.” ujar Elvry.

     Dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda ini juga diadakan pelantikan pengurus OSIS yang diawali dengan pembacaan susunan kepengurusan OSIS periode 2021-2022, dilanjutkan dengan penyerahan bendera OSIS periode 2020-2021 kepada OSIS 2021-2022 serta penyerahan jabatan Ketua Osis dengan menandatangani dokumen.

Reporter   : Yuswana Winda Kirani (X IPA 3), Cantika Purna Ardhis Syahfrina (X IPA 7) Editor       : Riedo Wahyu Ardiamsa, S.Pd.