Peringatan Hari Santri Nasional 2021

0
17

Banyuwangi (22/10) – SMAN 1 Glagah mengadakan apel Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021. Apel yang diadakan pukul 07.00 WIB di lapangan upacara SMA Negeri 1 Glagah ini diikuti oleh seluruh warga SMA Negeri 1 Glagah seperti para siswa, jajaran dewan guru, dan karyawan SMAN 1 Glagah. Tujuan diadakannya apel ini untuk mengingatkan tentang perjuangan dan meneladani semangat jihad para santri yang digelorakan para ulama sebelumnya.

“Hari Santri Nasional terdapat dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Keputusan tersebut ditandatangani di Masjid Istiqlal, Jakarta. Peringatan Hari Santri Nasional 2021 mengambil tema Santri Siaga Jiwa dan Raga sesuai dengan kondisi pandemi di Indonesia, yang menunjukkan sikap santri yang selalu siap menyerahkan jiwa dan raga membela tanah air. Penetapan Hari Santri Nasional tidak lepas dari sejarah bangsa Indonesia yang pada masa itu dicetuskan oleh Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama Hadratusyekh KH Hasyim Asy’ari. Resolusi Jihad itu dilakukan untuk menggerakkan kaum pemuda santri untuk berjuang bersama melawan pasukan kolonial yang menduduki Surabaya pada 10 November 1945. Kemudian terbentuklah fatwa KH Hasyim Asy’ari yaitu hukumnya memerangi orang kafir yang menghalangi kemerdekaan adalah fardu a’in, hukumnya orang meninggal dalam peperangan adalah mati syahid, dan hukumnya orang yang memecah persatuan wajib di hukum mati”, ujar Ustadz Muhammad Haris, S.Pd selaku pembina apel.

Dalam apel ini, seluruh peserta upacara menyanyikan lagu Ya Lal Wathon karya KH Wahab Nasbullah. Kemudian apel ditutup dengan pembacaan doa dengan harapan para santri dapat meneladani semangat jihad tokoh-tokoh dari kalangan santri yang berjuang membela negeri, selain itu para santri nantinya dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Apel yang dilaksanakan di lapangan Upacara SMA Negeri 1 Glagah ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker, serta pengecekan suhu badan sebelum peserta apel memasuki lingkungan SMA Negeri 1 Glagah.

Reporter : Vanya Ananyamatya Kirana (XI IPA 3) Editor : Riedo Wahyu Ardiamsa, S.Pd.