MPLS SMAN 1 GLAGAH, Membangun Optimalisasi Generasi Milenial yang Unggul dalam di Era Digital

0
68

MPLS SMAN 1 GLAGAH, Membangun Optimalisasi Generasi Milenial yang Unggul dalam di Era Digital

 

Banyuwangi (18/07)―SMAN 1 Glagah melaksanakan upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) peserta didik baru. Dimulai dengan kegiatan PraMPLS 16 Juli 2022, MPLS ini dimulai Senin, 18 sampai 23 Juli 2022 dengan tema Membangun Optimalisasi Generasi Milenial yang Unggul dalam di Era Digital. Kegiatan ini menjadi agenda rutin yang diadakan setiap tahun untuk menyambut peserta didik baru di SMAN 1 Glagah. Sama halnya dengan pelaksanaan pembukaan MPLS tahun sebelumnya, disiplin dan sesuai prosedur, yakni  masuk sekolah tepat waktu dan memakai kartu tanda pengenal dengan format kartu (ukuran, warna) yang telah ditentukan oleh kakak Pendamping Kelompok (PK). Salah satu hal yang berbeda dari MPLS tahun ini adalah pelaksanaan pembukaan MPLS telah berganti, semula dilakukan secara daring berganti menjadi luring atau tatap muka.

MPLS merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, baik dari budaya maupun program sekolah kepada peserta didik baru. MPLS ini bertujuan agar peserta didik mengetahui visi misi sekolah dan berbagai program, seperti peminatan, ekstrakulikuler, tata tertib, budaya, target sekolah, prestasi dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan sekolah.

Hari pertama pelaksanaan MPLS, dimulai apel pembukaan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah di lapangan upacara yang baru. Kemudian, peserta didik baru diarahkan menuju aula untuk mengikuti materi. Materi 1 diisi oleh Bapak Drs. Sucahyo Pinardi, M.Pd mengenai Wawasan Widya Mandala. Materi 2, Cara Belajar yang Efektif oleh Bapak Anang Basarodin, S.Pd. Selanjutnya, MPLS dilaksanakan di Masjid Al-Huriyyah dengan materi tata krama di sekolah oleh Ustadz. M. Haris Setiawan, S.Pd.I. Materi 4 mengenai Adiwiyata dan Lingkungan Hidup oleh Bapak Sujatmiko, S.Pd., dan dilanjutkan dengan pendekatan gugus di kelas masing-masing. Kemudian, peserta didik baru melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah, kultum, dan makan bersama. MPLS hari pertama diakhiri dengan apel penutupan di lapangan upacara lama.

 

Jurnalistik Ganesha

 

 

 

Jurnalistik Ganesha