Kenakan Pakaian Adat Nusantara, SMAN 1 Glagah Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Penulis: Mohammad Syahid Satria, S.Pd (Guru Sejarah Indonesia)

Banyuwangi – Bertempat di Lapangan Tengah, SMAN 1 Glagah menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas X dan XI, dewan guru, serta tenaga administrasi sekolah, pada Sabtu (1/6). Menariknya, di kesempatan ini seluruh peserta upacara kompak mengenakan pakaian adat Nusantara.

Dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, kegiatan ini menjadi momen penting bagi seluruh warga sekolah untuk merefleksikan kembali nilai-nilai dasar yang menjadi pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Kepala SMAN 1 Glagah, Abdullah, S.Pd, M.T

Bertindak selaku pembina upacara, Kepala SMAN 1 Glagah, Bapak Abdullah, S.Pd, M.T, memberikan sambutan sekaligus membacakan naskah pidato Hari Lahir Pancasila yang diterbitkan resmi oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Presiden Pertama Republik Indonesia yang juga seorang Proklamator, Soekarno, memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Jajaran SMAN 1 Glagah kompak kenakan pakaian adat Nusantara

BPIP mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pesan tersebut terutama ditujukan kepada kaum milenial dan Gen-Z untuk mengarusutamakan Pancasila dalam pembangunan bangsa.

Lebih lanjut, Bapak Abdullah juga menyampaikan, dengan semangat Pancasila, Indonesia akan mampu mengatasi berbagai tantangan dan bangga dengan keberhasilan menjaga stabilitas di tengah krisis global, serta menyoroti keberhasilan pemilu yang demokratis sebagai bukti kedewasaan bangsa Indonesia.

Penerima penghargaan kostum terbaik

Setelah upacara selesai, Bapak Abdullah, S.Pd, M.T memberikan penghargaan kostum terbaik kepada beberapa siswa dan guru terpilih. Berikut adalah penerima penghargaan kostum terbaik:

  1. Bapak Bambang Hendro W, S.Pd.
  2. Ibu Siti Lailiatus Sakdiyah, S.Pi.
  3. Dimas Yudhistira (XI IPA 2)
  4. Nala Kencana (X-10)

Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan apresiasi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang sejalan dengan semangat Pancasila. Kegiatan ini ditutup dengan penuh khidmat dan diharapkan dapat membawa semangat baru dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di kalangan siswa dan guru SMAN 1 Glagah.***

Bagikan :

Kabar Sekolah Lainnya

WeCreativez WhatsApp Support
Assalamualaikum....