Kegiatan Donor Darah Tahun 2021 SMAN 1 Glagah

0
15

   Banyuwangi (16/11/2021), PMR Wira Ganesha mengadakan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI. Acara ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang ditujukan kepada siswa-siswi SMAN 1 Glagah yang ingin berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya.

    Dalam kegiatan ini, persiapan petugas PMR Wira Ganesha sangat penting demi kelancaran kegiatan. Persiapan tersebut meliputi, anggota PMR yang bertugas mengunjungi PMI untuk menentukan jadwal, kemudian koordinasi kepada dewan guru SMAN 1 Glagah serta petugas PMI juga. Saat hari pelaksanaan kegiatan,  siswa yang menjadi anggota PMR Wira Ganesha mengatur meja dan kursi, adapun anggota yang berkeliling untuk memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi kelas 11 dan 12 yang akan mendonorkan darah.

    Kegiatan Donor Darah rutin dilakukan oleh SMAN 1 Glagah, sehingga para siswa juga sudah mengetahui syarat untuk menjadi pendonor darah. Menurut Jasmine Az Zahra Ihsani selaku ketua PMR Wira Ganesha SMAN 1 Glagah, acara ini diadakan untuk tetap menjaga kesehatan para siswa salah satunya dengan cara donor darah. Adapun syarat-syarat yang sudah ditentukan, harus berusia 17 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, idak diperbolehkan minum es di pagi hari, dan diastole sistolenya dalam keadaan normal.

    “Dalam kegiatan ini, banyak darah yang diambil kurang lebih 350 militer, kemudian untuk 3 menit pertama, pendonor diharuskan tidur terlebih dahulu. Lalu duduk, setelah itu boleh kembali ke dalam kelas masing-masing, ” ujar Jasmine selaku ketua PMR Wira Ganesha.

Sri Ayu Parwatiningsih & Shabrina Hanum Wajdy – Tim Jurnalistik