Diikuti Ratusan Peserta, Storytelling Contest (STC) ke 20 Sukses Digelar

Editor: Mohammad Syahid Satria, S.Pd (Guru Sejarah)

Banyuwangi – Pada Minggu (26/11), SMA Negeri 1 Glagah sukses menyelenggarakan Storytelling Contest (STC) yang ke-20. Tema tahun ini mengusung cerita rakyat (Folklore). STC menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Glagah setiap tahunnya.

Acara ini bertujuan sebagai wadah bagi para peserta didik SMP/MTs di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki bakat terpendam khususnya di mata pelajaran Bahasa Inggris dan bercerita. STC tahun ini juga dimeriahkan oleh bazar dari berbagai organisasi di SMAN 1 Glagah dan juga UMKM. Acara diselenggarakan di tiga ruangan: pool satu berada di aula, pool dua berada di kelas XI IPA 4, dan pool tiga berada di X-5.

Dimulai pukul 07.00 WIB, acara dibuka dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya,” dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, Kepala SMAN 1 Glagah Abdullah, S.Pd.,M.T, dan perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kerja Kabupaten Banyuwangi, yang sekaligus membuka secara resmi acara STC.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Glagah Abdullah, S.Pd.,M.T menyebut bahwa, STC merupakan salah satu wujud komitmen SMA Negeri 1 Glagah dalam memberikan wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka.

Kepala SMAN 1 Glagah Abdullah, S.Pd.,M.T

“Tema cerita rakyat yang diusung pada tahun ini membawa kita kepada keindahan dan kearifan lokal. Cerita rakyat bukan hanya mempertahankan nilai-nilai luhur nenek moyang, tetapi juga menjadi jendela bagi kita semua untuk lebih memahami budaya dan tradisi yang kita miliki,” kata Bapak Abdullah.

Tak luput, Bapak Abdullah juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan acara ini, serta kepada para guru pembimbing yang telah memberikan dukungan penuh kepada para peserta.

“Kepada para peserta, ini adalah kesempatan emas untuk menunjukkan kemampuan dan bakat kreatif kalian. Saya yakin setiap cerita yang akan kita saksikan nanti akan menginspirasi dan memberikan makna mendalam bagi kita semua,” ujarnya.

Setelah sesi pembukaan, para peserta kemudian menuju pool masing-masing, untuk memulai babak penyisihan, dengan menampilkan cerita yang telah mereka kembangkan dari tema yang diberikan panitia.

Setelah 163 peserta tampil, 21 peserta terbaik memasuki masa karantina untuk mempersiapkan diri menghadapi babak final. Mereka diberikan cerita baru yang disiapkan oleh panitia lomba untuk dipresentasikan pada babak final.

Pada babak final, para finalis mempertunjukkan cerita yang telah mereka persiapkan di aula. Mereka bersaing untuk tampil sebagai yang terbaik guna meraih gelar juara. Pada tahap ini, dipilihlah lima finalis dengan perolehan skor tertinggi.

Setelah penampilan ke-21 finalis, diumumkanlah lima pemenang STC tahun ini:

Juara 1: Ghulan Farzad Firdaus, SMPN 1 Muncar
Juara 2: Syifa Almira Rudiyantoro, SMPN 1 Banyuwangi
Juara 3: Indira Aini Zahra, SMPN 1 Banyuwangi
Juara Harapan 1: Mutiara Nur Annisa Hakim, SMPN 1 Banyuwangi
Juara Harapan 2: Dimas Rizky Javier Purnomo, SMPN 2 Genteng

Ghulan Farzad Firdaus, siswa SMPN 1 Muncar yang menjadi juara 1 pada tahun ini, mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang di raihnya. Ia mengaku telah melakukan persiapan yang matang untuk STC tahun ini.

“Persiapan telah dimulai sejak satu bulan lalu, dan seminggu terakhir, latihan dilakukan lebih intensif bersama guru pembimbing,” ungkapnya.***

Director: Farhan
Reporter: Atha, Nayla
Photograper: Daffa, Fauzan
Editor: Nakeisha
Layouter: Acha

Bagikan :

Kabar Sekolah Lainnya

WeCreativez WhatsApp Support
Assalamualaikum....